Shoutbox

TR

dance

Senin, 18 Januari 2010

Jagalah kesucian hati


Hati adalah bagian terpenting dalam tubuh manusia yang harus dijaga. Bila hati tak terjaga, maka akan menimbulkan penyakit. Bila hati telah terkena penyakit, maka kesucian hati akan hilang. Bila kesucian hati telah hilang, maka akan jauhlah manusia itu dari Rahmat Allah. Lalu bagaimanakah caranya agar kesucian hati itu tetap terjaga dengan baik?
Dalam tubuh manusia ada segumpal daging yang bernama hati. Bila hati terawat kesuciannya, maka manusia tersebut akan terus menerus menebarkan kebaikan kepada sesama. Tetapi, bila hati tak terawat bahkan berkarat, maka akan terlihatlah kelakuan orang itu seperti binatang yang hawa nafsunya lebih mendominasi hidupnya.
Hati harus terjaga kesuciannya. Untuk menjaganya diperlukan keluhuruan budi dan akhlaqul karimah. Sebenarnya mudah saja merawat hati. Sering-seringlah berkumpul dengan orang-orang yang sholeh, orang-orang yang selalu menjalankan ajaran agamanya dengan baik. Membaca Kitab suci Al-Quran dan maknanya, rutin melaksanakan sholat malam atau tahajud, memperbanyak berpuasa, bersedekah kepada sesama yang memerlukannya, dan selalu berzikir kepada Allah, pemilik langit dan bumi.
Bagi anda yang belum melakukan salah satu hal di atas, itu tandanya kesucian hati anda belum terjaga. Oleh karena itu segera obati hati anda dengan hal-hal di atas tadi yang sebenarnya bisa dilakukan oleh setiap orang.
Penyanyi tenar Opick telah menyanyikan sebuah lagu dengan syarat makna yang berjudul tombo ati, yang artinya obat hati. Lirik lagu itu bila kita amalkan dalam keseharian kita, maka kesucian hati akan terjaga.
Berikut ini Lyrik Lagunya:
Tombo Ati - Opick
tombo ati iku limo perkarane
kaping pisan moco Qur’an lan maknane
kaping pindo sholat wengi lakonono
kaping telu wong kang sholeh kumpulono
kaping papat kudu weteng ingkang luwe
kaping limo dzikir wengi ingkang suwe
salah sawijine sopo biso ngelakoni
mugi-mugi Gusti Allah njembatani
[2x]
obat hati ada lima perkaranya
yg pertama, baca Qur’an dan maknanya
yang kedua, sholat malam dirikanlah
yg ketiga, berkumpullah dng orang sholeh
yg keempat, perbanyaklah berpuasa
yg kelima, dzikir malam perpanjanglah
salah satunya siapa bisa menjalani
moga-moga Gusti Allah mencukupi
[2x]

1 komentar: